Penipuan Dengan Modus Elektronik Uang (Mandiri E-Cash)

Kali ini saya akan mengshare pengalaman pribadi saya sendiri, dan semoga ini bermanfaat bagi anda-anda umtuk selalu waspada setiap sa'at

Begini ceritannya:

Ketika saya sedang asyik asyik mengendarai motor untuk pulang ke rumah, tak terasa ada 2 panggilan tak terjawab dan panggilan ke 3 tepat ketika saya baru memegang hp,

Penipu: Halo selamat siang bapak!
Saya : Selamat siang juga bapak !, dengan siapa ya?
Penipu : Saya dari operator Indo*at memberitahu bahwa nomor bapak telah mendapatkan uang 6jt + 500rb pulsa,ini dengan bapak siapa ya?
Saya: Bapak Masrur Rovi. wah serius pak?, tapi kok ga ada pemberitahuan langsung dari indos*t ?
Penipu: Iya pak, karena baru saja selesai pengundian
Saya: Wah masa sih?

Penipu: Iya bapak! hadiah ini tidak dipungut biaya sepersen pun, tidak perlu mentransfer dan sebagainya
Saya : Terus?
Penipu: Apakah bapak punya Rekening Mandiri?
Saya : Owh punya pak

Penipu : Boleh kirim nama lengkap Rek Mandirinya pak?
Saya : M Masrur Rovi A 

Penipu : Oke pak sudah saya catat, 
Penipu : Bapak sekarang ada dimana? Kalo bisa sekarang saya akan transfer  hadiahnya ke bapak dalam bentuk Uang Elektronik
Saya : Uang Elektronik maksudnya gimana pak?
Penipu : Ya bapak nanti tinggal nerima aja,

Saya: Owh okelah pak, saya otw ATM, tapi agak lama ya, saya tutup telpon nya dulu ya?
Penipu : Owh ga usah bapak, bapak simpan aja di tas atau saku, saya kan operator jadi ga bakalan berkurang pulsa 

Disini saya merasa agak janggal dengan pernyataan uang elektronik seketika itu saya googling aja tentang apa itu "Uang Elektronik". Bisa dilihat penjelasan dibawah ini;
"Uang elektronik yang bisa digunakan untuk membeli barang di merchant / toko tertentu, transfer saldo e-cash, bahkan bisa digunakan untuk tarik tunai di atm. Kalau dari fungsi mungkin bisa dibilang hampir sama seperti kartu ATM yang bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer, belanja di toko, dsb. Bedanya kalau ATM harus memiliki rekening bank Mandiri terlebih dahulu. Sedangkan pengguna Mandiri E-Cash tidak perlu memiliki rekening bank dan hanya perlu memiliki sebuah ponsel dan nomor telepon yang masih aktif.
Untuk dapat menggunakan uang elektronik ini, yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan nomor ponsel Anda melalui menu USSD (seperti saat mau isi ulang pulsa) *141*6# lalu ikuti langkah2 selanjutnya. Setelah Anda mendaftarkan nomor telepon Anda, Anda bisa mengisi ulang mandiri e-cash melalui e-channel Bank Mandiri, transfer atm bersama atau tunai (cash) melalui retail store tertentu" 

Oke lanjut ke telepon setela saya browsing sana sini dan yakin bahwa ini penipuan, tapi disni saya masih berpura-pura untuk tidak tahu.

Saya:  Halo bapak saya sudah sampai di ATM
Penipu : Oke bapak, silahkan masukkan ATM dan ketik kode pin
Saya : Terus?
Penipu : Silahkan cek saldo bapak terlebih dahulu untuk memastikan
Saya : 88.551.206 pak (Super ngarang)
Penipu : Oke bapak kembali ke menu utama

Saya : Sudah pak
Penipu : Silahkan klik uang elektrnoik bapak!
Saya : Sudah 

Penipu : Tekan mandiri E Cash
Saya : Sudah pak!
Penipu : Lalu tekan isi ulang

Saya: Sudah pak!
Penipu : Tekan angka 990928xxx (Itu adalah angka konfirmasi)

Nah sebelum saya menekan angka tersebut, 



Saya: Astaga, lampunya malah mati pak!
Penipu : Wah yang bener?
Saya : Bener pak, ga tau kenapa ni

Penipu : Jangan bohong ya pak ! (Dgn nada keras, mungkin emosi karna sudah nelepon lebih dari 1 jam, tapi hasilnya nihil)
Saya : Iya pak serius
Penipu : Yaudah pak nanti kalo udah tolong kabari saya
Saya : Oke pak (Padahal mah ogah)

Dan apa yang terjadi? si penipu menelpon bolak balik sampai 5x dan tak pernah saya angkat


Nah disini saya mengajak kalian semua untuk selalu berhati-hati dengan penipuan2 semacam ini, iya benar tanpa transfer sepersenpun, tapi jika anda melakukan yang disuruh oleh penipu, itu sama aja anda disuruh untuk menyetujui penarikan uang.


Salam BLOGGER

1 comment:

  1. Pagi Admin,

    Perkenalkan saya Gibran dari aCommerce Indonesia ingin mengajak kerjasama dalam hal backlink. Untuk itu admin bisa mengemail saya di gibran.risnutama@acommerce.asia bila tertarik.

    Cheers,

    ReplyDelete

Jangan lupa untuk share jika info di blog ini bermanfaat untuk kalian
^_^