7 Wisata Alam Terbaik 2016 di Jawa Timur

Kali ini saya akan memberitahu 7 tempat tempat lokasi wisata terbaik 2016 di Jawa Timur, dan bisa kalian liat di bawah ini




1.   Pulau Sempu Malang
    Adalah sebuah pulau kecil yang masih dalam satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pulau Sempu merupakan cagar alam yang memiliki beragam ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah. Yang membuat Pulau Sempu ini istimewa adalah Laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau.
     Untuk mencapai Segara Anakan ini, Anda harus melakukan trekking selama dua jam melalui hutan dan jalan yang curam. Karena air di sini sangat tenang, Anda bisa melakukan kegiatan berenang ataupun kamping bersama teman-teman. Tetapi karena Pulau Sempu termasuk cagar alam, sebaiknya Anda tidak mencemari lingkungan ini dengan membuang sampah sembarangan ataupun merusak ekosistemnya.
     Pulau ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur


 2. Pantai Klanyar Pacitan
     Pantai klayar berlokasi di Kecamatan Donorojo. Tempat wisata alam di Jawa Timur ini terbilang masih alami, sehingga jalanan menuju pantai ini cukup sulit. Pantai Klayar adalah salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Keistimewaan Pantai Klayar selain pasirnya yang seputih susu, di sini terdapat batu karang yang bentuknya menyerupai Spinx dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Batuan karang yang ada di Pantai Klayar ini juga sering disamakan dengan karang di Tanah Lot, Bali.


 3. Gunung Bromo Malang
      Tempat wisata alam di Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi adalah Gunung Bromo. Rasanya belum komplit sebagai seorang traveler jika tidak mengunjungi Gunung Bromo.
       Keindahan Gunung Bromo bukan hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. Secara geografis, Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang. Untuk mencapai Gunung Bromo Anda bisa mengambil rute dari Malang, Pasuruan atau Probolinggo. Menikmati sunrise, menjelajah pasir berbisik, dan menikmati keindahan kawah Bromo adalah tiga hal yang harus Anda lakukan di sini.


 4. Kawah Ijen Bondowoso
       Kawah Ijen berlokasi di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen, di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Tempat wisata alam di Jawa Timur ini merupakan kawah asam terbesar di dunia dengan tinggi dinding kaldera mencapai 500 meter dan luas kawah mencapai 5,466 hektar. Kawah Ijen ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting salah satu film layar lebar Indonesia.
        Keindahan Kawah Ijen juga sudah tersohor hingga mancanegara. Pada pagi hari, pemandangan di sini sangat menakjubkan. Perpaduan antara sinar matahari berwarna orange dan warna kawah hijau toska nan teduh. Saat dini hari, Anda bisa menikmati fenomena alam blue fire yang menakjubkan. Namun untuk menikmati keindahan kawah ini, Anda harus melakukan pendakian ke Gunung Ijen terlebih, jadi jangan lupa untuk menyiapkan stamina Anda.



 5. Atas Angin Bojonegoro
      Yap, obyek wisata ini bernama Atas Angin. Letaknya berada di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 70 km dari pusat Kota Bojonegoro. Akses jalannya agak sempit ketika mendekati obyek wisata tersebut. Tapi kamu jangan cemas dulu, Gaes. Soalnya Pemkab setempat sudah menyiapkan dana untuk melebarkan jalan tersebut.
      Sesampainya di lokasi, kamu bisa menikmati keindahan alam dari atas Bukit Cinta yang terletak di ketinggian 853 mdpl. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat sumber mata air di atas batu yang panjangnya mencapai ratusan meter. Tapi, untuk mencapai sumber mata air tersebut—kalau kamu dari Bukit Cinta—maka kamu harus menaiki kendaraan jeep dengan rute yang cukup ekstrim, seperti perjalanan di Gunung Merapi, Yogyakarta.



 6. Kayangan Api (Api Abadi) Bojonegoro

     Menurut cerita, Kayangan Api adalah tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe berasal dari Kerajaan Majapahit. Di sebelah barat sumber api terdapat kubangan lumpur yang berbau belerang dan menurut kepercayaan saat itu Mbah Kriyo Kusumo masih beraktivitas sebagai pembuat alat-alat pertanian dan pusaka seperti keris, tombak, cundrik dan lain-lain. Sumber Api, oleh masyarakat sekitarnya masih ada yang menganggap keramat dan menurut cerita, api tersebut hanya boleh diambil jika ada upacara penting seperti yang telah dilakukan pada masa lalu, seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengkubuwana X dan untuk mengambil api melalui suatu prasyarat yakni selamatan/wilujengan dan tayuban dengan menggunakan fending eling-eling, wani-wani dan gunungsari yang merupakan gending kesukaan Mbah Kriyo Kusumo. Oleh sebab itu ketika gending tersebut dialunkan dan ditarikan oleh waranggono tidak boleh ditemani oleh siapapun.
      Lokasi Wisata ini berada di Sendangharjo, Ngasem, Kabupaten Bojonegoro




7. Pantai Pulau Merah Banyuwangi
     Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Pulau Merah merupakan pantai dengan ciri-ciri seperti kebanyakan pantai di Brazil. Pantai ini juga mirip dengan Pantai Kuta di Bali, sehingga cocok untuk tempat berselancar.
     Selain pemandangan sunset yang amazing di pantai ini, ternyata Pantai Pulau Merah juga menjadi tujuan selancar berkelas dunia di Pulau Jawa. Kondisi ombak di sini yang mencapai empat sampai lima meter sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Sambil berselancar di atas gulungan ombak, Anda bisa menikimati indahnya pemandangan pegunungan hijau dan angin yang sejuk.


6 comments:

  1. Mantap tuh ane mau kesana tapi gak punya uang,kenalin ane dari bali :D

    ReplyDelete
  2. Udah lama pengen ke Bromo ..hmmm.. masih sebatas impian .. hehe :D
    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  3. mantap gan, bagus-bagus wisata alamnya, jd pengen..

    ReplyDelete
  4. Indah banget itu atas angin bojonegoro

    ReplyDelete
  5. jangan sampai lupa jaga kebersihan Kota Bojonegoro, salam Sedot WC Bojonegoro

    ReplyDelete

Jangan lupa untuk share jika info di blog ini bermanfaat untuk kalian
^_^